Halaman

Selasa, 29 Mei 2012

WADUK SERMO, THE WONDERFUL PLACE OF WEST PROG !



WADUK SERMO, THE WONDERFUL PLACE OF WEST PROG!

Waduk Sermo adalah waduk yang terletak di kabupaten Kulon Progo, lebih tepatnya di Dusun Sermo, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap Kabupaten Kulonprogo dan kurang lebih 5 sampai 6 km sebelah barat kota Wates. Waduk ini dibangun sebenarnya di fungsikan sebagai penyangga air untuk pertanian di daerah sekitar waduk tersebut, namun setelah diresmikan oleh presiden Soeharto tahun 1996 fungsi waduk bertambah yaitu sebagai kawasan wisata. Di waduk seluas 157 ha ini kita dapat menikmati indahnya pemandangan waduk yang luar biasa indahnya dengan view birunya air dan pepohonan hijau yang seolah tertata rapi di tepi waduk ditambah semilir angin seolah menambah indahnya tempat ini.


Akses ke waduk dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat namun tetap harus berhati – hati karena jalannya banyak tanjakan dan berkelok – kelok. Sesampainya di TPR untuk satu kendaraan beroda dua dikenakan biaya sebesar 5000 rupiah saja, sedangkan untuk kendaraan beroda empat dikenakan biaya sebesar 7000 rupiah. Untuk biaya parkir kendaraan, roda dua 2000 rupiah, roda empat 4000 rupiah.
 
Bagi yang suka memancing waduk sermo adalah tempat yang tepat karena disini terdapat berbagai jenis ikan air tawar, selain memancing di sini pengunjung juga berkeliling waduk dengan menggunakan perahu. Ditempat ini juga sering diadakan festival budaya secara rutin tiap bulannya, tepatnya pada minggu ke-1 dan minggu ke-3, salah satunya yaitu festival perahu naga yang diadakan pada bulan November tahun 2011 lalu.
Sedangkan bagi anda penggemar gowes pada setiap minggu pertama bulan, komunitas menoreh bikers mengadakan gowes mengelilingi waduk sermo, dimulai dari rumah dinas bupati Kulon Progo utara alun-alun Wates dan berakhir di waduk sermo. Jadi tunggu apalagi segeralah berkunjung ke Waduk Sermo !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar